Senin, 21 Februari 2011

Saya dan Suku Betawi

Saya bernama Indry Sulistya yang terlahir pada 21 Juli 1990. Saya anak pertama dari tiga bersaudara. Saya berasal dari keluarga sederhana yang aslinya dari suku Betawi dan Sunda. Banyak pandangan orang yang beranggapan bahwa suku Betawi itu bersifat pemalas dan tidak pekerja keras. Namun, saya sebagai orang yang berasal dari suku Betawi sangatlah tidak setuju. Saya merasa bahwa anggapan tersebut tidak adil apabila ditujukan pada semua orang yang berasal dari suku Betawi.

Bagi saya, sifat dan kebiasaan seseorang itu sangatlah berbeda-beda pada setiap individu tergantung dari pemikiran masing-masing individu. Apabila seorang individu mempunyai sifat pekerja keras, tidak mudah putus asa serta mempunyai niat yang baik untuk perubahan yang lebih baik dalam hidupnya maka seorang individu tersebut bisa menjadi sukses. Begitu juga sebaliknya apabila seorang individu mempunyai karakter pemalas maka seorang individu tersebut tidak dapat memperbaiki kehidupannya yang lebih baik dan kemungkinan juga tidak akan bisa sukses.

Menurut saya, semua suku adat itu sama dan yang membedakan itu tergantung dari sosok karakter pribadi individunya sendiri bukan dari pandangan positif atau negatif dari orang-orang mengenai suku adat orang tersebut. Jadi, karakter dari masing-masing suku atau adat istiadat itu tidak menjamin seseorang itu bisa dianggap pemalas atau tidaknya, dan sukses atau tidaknya. Janganlah memandang seseorang itu hanya sebelah mata dari suku adat ataupun sebagainya karena kesuksesan seseorang itu bisa diraih tergantung dari usaha sungguh-sungguh yang dilakukannya untuk memperbaiki kehidupannya yang lebih baik dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar