Senin, 21 Februari 2011

Perbedaaan Karangan Ilmiah, Karangan Non Ilmiah, dan Karangan Tidak Ilmiah

Karangan ilmiah merupakan tulisan yang mengungkapkan hasil pemikiran, hasil pengamatan, dan hasil penelitian serta peninjauan terhadap sesuatu yang disusun menurut metode dan secara sistematik tertentu. Selain itu, isi beserta kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Contoh karangan ilmiah dapat berbentuk makalah, artikel, skripsi,tesis, disertasi dan sebagainya.

Karangan non ilmiah (fiksi) adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat subjektif, tidak didukung fakta umum dan biasanya mengungkapkan gaya bahasa yang popular atau bahasa yang biasa digunakan (tidak terlalu formal). Contoh karangan non ilmiah seperti anekdot, dongeng, hikayat, cerpen, novel, roman, puisi, dan naskah drama.

Karangan tidak ilmiah adalah tulisan yang berisi informasi faktual yang diungkapkan dengan bahasa semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah sintesis-analitis dan disertai dengan opini penulis yang terkadang bersifat subjektif. Contoh karangan tidak ilmiah seperti penokohan pada alur cerita dalam drama atau film, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar