Senin, 21 Februari 2011

Pengaruh Perdagangan Bebas di Tingkat Asia Terhadap Lulusan Ekonomi

Menurut saya, perdagangan bebas di Asia sangat berpengaruh besar terhadap lulusan ekonomi khususnya di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan perdagangan bebas yang semakin marak di Indonesia. Produk yang berasal dari luar negeri yang bebas masuk ke negara Indonesia dengan tidak ada batasannya sehingga semakin berkembang pesat di Indonesia. Pengaruh perdagangan bebas ada dari segi positif dan segi negatifnya. Segi positifnya dengan lulusan ekonomi yaitu dengan adanya perdagangan bebas menjadikan pengetahuan baru dari produk luar negeri terhadap lulusan ekonomi. Hal tersebut menjadikan lulusan ekonomi semakin mengetahui bagaimana produk-produk luar negeri dengan produksinya serta bagaimana pemasarannya hingga akhirnya bisa sampai ke Indonesia.

Segi negatif dari adanya perdagangan bebas di Indonesia yaitu, semakin berkembangnya produk luar negeri dengan kualitas yang bersaing membuat ketertarikan peminatnya yang berasal dari dalam negeri khususnya Indonesia. Ketertarikan tersebut membuat konsumen lebih banyak mengonsusmsi produk buatan luar negeri daripada buatan dalam negeri. Faktanya kualitas produk dalam negeri pun tidak kalah berkualitasnya dengan produk luar negeri yang semakin merajai pasaran di dalam negeri.

Hal demikian harus menjadi pengalaman khususnya untuk lulusan ekonomi bahwa kita harus mengambil dari segi positifnya saja untuk bekal pengetahuan yang mungkin dapat bermanfaat untuk masa depannya, tetapi sebagai warga negara Indonesia kita harus memakai dan mencintai produk buatan dalam negeri, dan tidak selalu mengonsumsi produk luar negeri yang tentunya menambah devisa negara tersebut. Selain itu, lulusan ekonomi harus mencoba membuat inovasi produk terbaru yang bisa menghasilkan produk serta mengekspornya ke negara lain untuk mengenalkan produk dalam negeri serta dapat menambah visa negara Indonesia kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar